9 Santri Klaster Temboro Asal Kaltim Reaktif Corona Hasil Rapid Test

Loading...
Image:@freepik

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur Andi M Ishak mengatakan ada sembilan santri asal wilayahnya di Ponpes Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang terindikasi virus Corona. Dari 73 empat santri yang dites, sembilan dinyatakan reaktif Corona.

Andi mengatakan ada puluhan santri asal Kaltim yang juga menuntut ilmu di pesantren tersebut. Berdasarkan tracing yang dilakukan dinas kabupaten/kota se-Kaltim sedikitnya ada 73 orang. Mereka terdistribusi di Samarinda 46 orang, Balikpapan 24 orang, Kukar 2 orang, dan Paser 1 orang.

Para santri kemudian melakukan tes cepat atau rapid test. Hasilnya, dari 73 santri dinyatakan 9 di antaranya dinyatakan positif alias reaktif Corona dalam uji cepat rapid test.

"Terkait kasus Magetan, dapat kami sampaikan bahwa dari hasil rapid test yang sudah dilakukan, bahwa di Balikpapan dari 24 yang dites, ada 2 yang reaktif. Kemudian dari Samarinda ada 5 yang reaktif, dan dari Kukar ada 2 yang reaktif," kata Andi kepada wartawan melalui aplikasi Zoom, Senin (27/4/2020).

Andi berharap orang tua ataupun masyarakat bila mengetahui informasi tentang para santri yang datang dari Magetan, bisa melaporkan kepada petugas medis maupun call center. Untuk Samarinda dapat melalui call center 112.

"Jangan kucilkan mereka, karena mereka juga tidak tahu jika mereka sakit, dan mereka juga tidak mau menderita sakit," kata Andi.

Loading...

0 komentar

Post a Comment